10 Games Ice Breaking Seru Untuk Cairkan Suasana di Kelas!

10 Games Ice Breaking Seru Untuk Cairkan Suasana di Kelas
Bagikan:

Untuk menghilangkan rasa jenuh peserta didik di kelas yang Bapak/ Ibu guru ajar, salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan games. Untuk menghilangkan rasa jenuh dan menyegarkan kembali pikiran, Anda bisa melakukan 10 Games Ice Breaking Seru Untuk Cairkan Suasana di Kelas!

Apa Itu Ice Breaking?

Apakah Anda pernah mendengar istilah ice breaking?

Ice breaking adalah aktivitas yang dilakukan pemecah atau mencairkan suasana. Istilah Ice breaking ini diambil dari dua kata dalam Bahasa Inggris yang memiliki arti pemecah es. Frasa tersebut sering digunakan dalam sebuah kegiatan dengan tujuan untuk menghilangkan kejenuhan.

Aktivitas ice breaking dapat dilakukan pada kegiatan seminar, organisasi, atau dalam kelas. kegiatan ice breaking dapat memecahkan suasana yang mencekam dan meningkatkan kualitas antar peserta didik.

Manfaat Ice Breaking Di Dalam Kantor

Melakukan kegiatan ice breaking di sela waktu kerja memiliki banyak manfaat, diantaranya:

  • Memunculkan ide-ide baru yang kreatif
  • Mengembangkan dan mengoptimalkan kinerja peserta didik
  • Melatih peserta didik untuk berinteraksi satu sama lain
  • Melatih dalam kerja sama tim
  • Melatih untuk berpikir kritis dan sistematis dalam memecahkan suatu masalah
  • Menumbuhkan rasa percaya diri
  • Melatih dalam membuat strategi dalam bekerja
  • Meningkatkan daya konsentrasi
  • Membentuk jiwa seorang pemimpin
 10 Games Ice Breaking Yang Wajib Dicoba

Banyak sekali kegiatan ice breaking yang bisa dicoba di dalam kelas. Anda bisa mencoba beberapa games simple dan seru ini di sela kegiatan belajar mengajar.

1. Tebak Logo Produk

Tebak gambar ini adalah games untuk mengetahui pengetahuan peserta didik tentang logo produk yang biasa mereka pakai atau dilihat.

Cara bermain:

  • Siapkan beberapa gambar atau logo produk. Bisa dengan di print atau ditampilkan melalui proyektor
  • Berikan arahan kepada peserta didik untuk membuat satu baris
  • Tampilkan gambar logo tersebut dan biarkan peserta didik menebak hingga benar
  • Jika peserta didik dapat berhasil menebak logo tersebut maka dipersilahkan untuk duduk, dan yang salah bisa diberi hukuman seperti mencoret mukanya dengan bedak atau kembali ke barisan hingga berhasil menebak suatu logo
2. Sambung Kata

Games sambung kata ini mengharuskan para peserta didik membuat kalimat dari kata yang disebutkan dari setiap peserta didik. 

Cara bermainnya:

  • Kumpulkan seluruh peserta didik di dalam suatu ruangan atau bisa dilakukan di kelas mereka
  • Instruksikan 1 peserta didik pertama untuk mengucapkan satu kata
  • Lalu peserta didik setelahnya harus menyebutkan setiap kata yang telah diucapkan sebelumnya dan mengeluarkan 1 kata baru hingga membuat 1 kalimat padu
  • Jika ada yang salah menyebutkan kata, maka dapat diberi hukuman
  • Manfaat dari games sambung kata akan melatih konsentrasi dan juga daya ingat peserta didik.
3.  Games ‘Bos Berkata’

Pada games ini, para peserta didik akan dilatih untuk menyimak dan juga berkonsentrasi kepada 1 arahan suara. 

Games ini memerlukan 1 orang pemandu yang bertugas menjadi seorang ‘Raja’

Cara bermain:

  • Tunjuk 1 orang yang akan menjadi seorang ‘Bos’ bertugas untuk memberikan perintah
  • Peserta didik diminta untuk melakukan perintah dari Bos jika hanya di awal perintah tersebut terdapat kata ‘Bos Berkata’
  • Contohnya, terdapat perintah “Bos Berkata pegang hidung” maka peserta didik harus memegang hidungnya
  • Jika di awal perintah tidak terdapat kata “Bos Berkata” maka peserta didik tidak perlu melakukan perintah tersebut.
4. Siapa Dia

Games ice breaking ini akan membuat peserta didik lebih mengenal teman sekelasnya satu sama lain.

Cara bermain :

  • Ajaklah satu peserta didik untuk memperkenalkan dirinya dengan menyebutkan nama dan juga asalnya. Contohnya ‘Nama saya Ahmad, asal saya dari makassar ”
  • Lalu mintalah peserta didik selanjutkan untuk menyebutkan nama dan asal peserta didik sebelumnya dan disambungkan dengan memperkenalkan dirinya.
  • Misalnya, Teman saya Ahmad, asalnya dari makassar. Saya IIham, asal saya Maros. Lakukan perkenalan tersebut hingga setiap peserta didik mendapat giliran
  • Jika terdapat peserta didik yang tidak bisa menyebutkan nama teman sekelasnya, maka ia harus bertanya langsung kepada peserta didik yang bersangkutan
5. Rumus Benar-Salah

Permainan ini mengandalkan 1 orang sebagai pemandu dan juga melatih konsentrasi peserta didik.

Cara bermain:

  • Aturan dari games ini berfokus pada rumus Benar-Salah
  • 1 orang akan menjadi pemandu games yang akan menerangkan permainan Benar-Salah ini
  • Seluruh peserta didik diharapkan untuk menghadap pemandu di depan
  • Apabila pemandu mengatakan ‘Buka-Tutup’ maka para peserta didik harus menjawabnya dengan ‘Buka-Buka’ mengapa? Karena rumus dari games ini adalah ‘Benar-Salah’
  • Pemandu dapat mengganti rumus sesuka hati, maka dari itu pada games ini konsentrasi peserta didik akan diuji

10 Games Ice Breaking Seru Untuk Cairkan Suasana

6. Berhitung

Games ini tidak diminta para peserta didik untuk menyelesaikan soal matematika, tetapi games ice breaking ini akan meminta peserta didik untuk mengganti angka dengan kelipatan dua menjadi kata “Door!”

Cara bermain:

  • Kumpulkan peserta didik di dalam sebuah ruangan
  • Pemandu terlebih dahulu instruksi kepada para peserta didik
  • Peserta didik diminta untuk berhitung dimulai dari angka 1, tetapi jika terdapat angka yang memiliki kelipatan 2 harus diganti menjadi “Door!’
  • Contohnya peserta didik pertama akan berhitung mulai dari angka 1, lalu peserta didik setelahnya mengucapkan “Door!” dan peserta didik setelahnya baru melanjutkan hitungannya
  • Pemandu dapat sesuka hati mengubah kelipatan angka menjadi kelipatan 3 atau 4.
7. Kata Kunci

Permainan ini bertujuan untuk menguji ketelitian para peserta didik dengan mendengarkan cerita dari seorang pemandu dan mendengarkan kata kunci yang disebutkan.

Cara bermain:

  • Perintah peserta didik untuk menghadap ke arah pemandu cerita
  • Sebelum bercerita pemandu akan memberikan sebuah kata kunci yang jika disebutkan maka para peserta didik harus menjawab ‘Bisa, Bisa, Yes!’
  • Misalnya kata kuncinya adalah “Semangat” maka, setiap kata tersebut terucap dari cerita pemandu maka para peserta didik harus menjawab kata kuncinya.
8. Mengisi Tic Tac Toe

Permainan Tic Tac toe ini sebenarnya dimainkan pada selembar kertas dan dilakukan oleh 2 orang. Tapi untuk mengisi ice breaking di kelas, games ini bisa dimodifikasikan untuk bisa diikuti oleh banyak orang.

Cara bermain:

  • Buatlah 2 kelompok menjadi kelompok silang (x) dan juga kelompok lingkaran (O) yang berisi 5 hingga 6 orang 
  • Tunjukan 1 orang sebagai juru bicara dari tiap kelompok
  • Pemandu harus menyiapkan tabel tic tac toe di papan tulis atau di sebuah kertas
  • Untuk mengisi tabel tersebut, tiap kelompok harus menjawab soal yang diberikan pemandu. Kelompok yang tercepat dan menjawab dengan benar diperbolehkan mengisi tabel sesuai nama kelompok yang diberikan.
  • Pemenang dari permainan ini adalah kelompok yang berhasil mengisi tabel secara vertikal, horizontal, atau diagonal
9. Ucapkan Objek

Ucapkan objek ini adalah games yang mengharuskan pesertanya untuk menyebutkan suatu objek yang telah ditentukan.

Cara bermain :

  • Kumpulkan seluruh peserta didik
  • Setelah terkumpul, para pemandu akan menyebutkan suatu objek yang nantinya para peserta didik akan menyebutkan elemen-elemen dari objek tersebut.
  • Misalnya objek yang ditentukan adalah nama hewan, makan peserta didik harus menyebutkan nama-nama hewan seperti kuda, kelinci dan lain-lain
  • Para peserta didik harus menyebutkan nama objek tersebut sesuai huruf akhir yang disebutkan peserta didik sebelumnya. Misalnya peserta didik pertama menyebutkan Kuda, maka orang setelahnya harus menyebutkan nama hewan yang diawali dari huruf A
  • Waktu yang diberikan untuk mengucapkan objek tersebut adalah 5 detik tiap orangnya.
10. Bercermin

Aktivitas ice breaking ini akan mengungkapkan pesan yang disampaikan dari pergerakan yang akan dilakukan

Cara bermain :

  • Buatlah dua kelompok menjadi kelompok bayangan dan kelompok objek yang terdiri dari 3-5 orang
  • Tunjuk 1 orang pada tiap kelompok yang akan menjadi bayangan dan juga objek pada cermin
  • Pemandu akan memberikan sebuah pesan yang berisi suatu aktivitas sehari-hari
  • Contohnya, pemandu akan memberikan pesan yaitu ‘Makan Mie Panas’ maka kelompok objek harus memperagakan orang yang sedang makan mie yang panas beserta ekspresi yang dikeluarkan.
  • Perwakilan dari kelompok bayangan harus mengikuti gerakan dari kelompok objek dan harus menjawab pesan yang sedang diperagakan.

 

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan game ice breaking. Selain itu juga dapat mencairkan suasana dan mengistirahatkan otak setelah melakukan aktivitas belajar. Anda juga bisa melakukan game ice breaking ini bersama rekan-rekan Anda.

Bagikan:

Related Posts

0 Komentar

No Comment.