Tutorial Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka

Bagikan:

Kurikulum merdeka telah diumumkan secara resmi oleh nadiem makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada peluncuran merdeka belajar episode ke lima belas. Untuk persiapan menyambut kurikulum baru tahun 2024, kemendikbudristek telah membuka Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka dari tanggal 11 Februari hingga 3 April 2022.

Nadiem makarim mengharapkan sekolah untuk mendaftarkan satuan Pendidikan yang menginginkan menerapkan kurikulum merdeka untuk melakukan regristrasi di kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id pada tanggal yang telah ditetapkan. Juga diharapkan dinas Pendidikan untuk mendukun satuan Pendidikan yang memutuskan sudah siap untuk menerapkan kurikulum merdeka.

Sebelum memutuskan untuk menerapkan kurikulum merdeka baik kepala sekolah maupun kepala madrasah dapat mendiskusikan kepada guru atau dengan Yayasan. Tentang kesiapan sekolah dalam mengikuti implementasi kurikulum merdeka.

Lalu bagaimana cara mendaftarkan sekolah untuk mengikuti implementasi kurikulum merdeka. Ada 3 tahapan pendaftaran yang harus dilewati.

  1. Memilih akun pendaftaran bagi kepala sekolah dan kepala madrasah
  2. Menyaksikan video mengenai kurikulum merdeka
  3. Menyelesaikan kuisioner

Silahkan untuk mengunjungi laman kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id untuk mempelajari secara lengkap mengenai kurikulum merdeka. Halaman tersebut menyediakan informasi terkait Kurikulum Merdeka sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembalajaran tahun. 2022 s.d. 2024, Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka, Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri, Pilihan yang ditawarkan kepada satuan Pendidikan dalam IKM jalur mandiri dan juga Peran Platform Merdeka Mengajar dalam Impelemnatsi Kurikulum Merdeka.

Pada laman tersebut anda akan menemukan informasi secara lengkap mengenai kurikulum merdeka. Pastikan anda mempelajari informasi tersebut untuk memperkaya pemahaman mengenai kurikulum merdeka sebelum menentukan pilihan.

Setelah memahami dan yakin untuk mendaftar silahkan untuk pilih menu daftar pada pojok kanan atas

Selanjutnya anda akan diarahkan pada laman untuk login. Silahkan login dengan akun SIMPKB bagi kepala sekolah atau akun SIMPATIKA bagi kepala sekolah madrasah.

Setelah login anda harus mengikuti 2 langkah untuk mendaftarkan sekolah anda. Klik mulai pada Langkah pertama. Lalu checklist pernyataan sukarela pada menu popup informasi pendaftaran dan ikuti pembelajaran.

Pada Langkah pertama anda akan menyaksikan 2 video menarik terkait dengan kurikulum merdeka. Anda akan menjawab beberapa pertanyaan berkaitan denga nisi di dalam video tersebut.

Setelah selesai melihat video selalu klik “mark complete” untuk dapat menyelesaikan dan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Setelah selesai melihat video dan Kembali pada halaman diatas, klik “Kembali ke SIM GURU BELAJAR”.

Langkah kedua klik “isi Kuisioner”. Apabila sekolah swasta lakukan unduh template surat izin Yayasan, lengkapi isian dan tanda tangan surat izin tersebut. Lalu unggah Kembali dalam format pdf.

Isi kuisioner hingga selesai. Pada laman akhir akan ditampilkan hasil dari pengisian kuisioner dan dapat diunduh dalam format pdf.

Pada laman hasil akan ditampilkan rekomendasi khusus yang bisa diikuti

Bagikan:

Related Posts

0 Komentar

No Comment.